Sesongot Caterpillar, Ulat Bulu Berbisa | Enti Bebarang Jontok

Sesongot Caterpillar, Ulat Bulu Berbisa | Saya mencoba mencari gambar ulat bulu yang mirip dengan ulat bulu bernama Sesongot di Google, ternyata tidak ada yang mirip. Memang banyak ulat bulu berbisa yang ditampilkan Oom Google, tetapi jenisnya berbeda dengan Sesongot. Barangkali belum ada yang meng-upload atau mengulas tentang racun (bisa) dari ulat bulu Sesongot (Sesongot Caterpillar).

Sesongot Caterpillar, Ulat Bulu Berbisa | Enti Bebarang Jontok

Di areal kebun kopi yang dikelola oleh rakyat Aceh Tengah, selain menjadi habitat nyamuk, pacat, termasuk habitat berbagai jenis ulat. Disamping itu, kebun kopi tersebut menjadi tempat bermain sejumlah ulat bulu yang cukup berbisa.

Keberadaan ulat bulu berbisa itu menjadi ancaman serius bagi petani yang sedang memetik kopi. Terkadang, banyaknya ulat bulu di kebun mereka, sering niat memetik kopi diurungkan. Padahal, harga kopi saat ini sedang mahal-mahalnya.Ulat Bulu Sesongot

Apabila buah kopi yang telah masak sempurna tidak dipetik, dipastikan akan rontok menjadi humus. Desakan kebutuhan rumah tangga, dan harga jual kopi yang makin menjanjikan, akhirnya para petani mengabaikan ancaman ulat bulu itu. Mereka sudah siap dengan resiko gatal atau muka bengkak akibat terkena bisa ulat bulu.

Salah satu ulat bulu atau caterpillar (bahasa Inggris) yang paling ditakuti para pemetik kopi di Aceh Tengah dikenal dengan nama Sesongot. Tampilan ulat bulu ini sangat cantik, berwarna hijau dengan sejumlah antena atau bulu diatas tubuhnya. Melihat tampilan dan gerakannya yang sangat perlahan, orang tidak pernah menduga jika Sesongot termasuk ulat bulu paling berbisa.

Ukuran Sesongot Caterpillar tergolong kecil. Panjangnya sekitar 1 inci dan lebarnya hanya 3 cm. Ulat ini suka bertengger di daun dan buah kopi. Meskipun ukuran makhluk cantik itu relatif kecil, tetapi jangan coba-coba menyentuh bulunya. Ketika bagian tubuh kita bersentuhan dengan bulu Sesongot Caterpillar, reaksi sakitnya sangat cepat.

Bagian tubuh yang terkena bulu Sesongot menimbulkan rasa sakit yang amat sangat. Kemudian, rasa sakit itu diikuti dengan demam. Terkadang orang menduga bahwa tubuhnya disengat binatang berbisa. Sering juga menganggap bahwa tubuhnya dipatuk ular.

Kulit yang terkena bulu Sesongot ditandai dengan tiga sampai empat titik merah. Bekasnya tidak menimbulkan luka, hanya noda merah seperti digigit nyamuk. Apabila titik merah itu ditunjukkan kepada para petani berpengalaman, mereka langsung katakan: itu terkena bulu Sesongot.

Para petani pemula yang terkena bulu Sesongot, biasanya sampai menjerit-jerit ketakutan. Sebab, reaksi bisa dari bulu Sesongot itu menyebabkan tubuh demam, bahkan sampai seminggu lamanya. Ditambah lagi kulit yang terkena bulu Sesongot terus membengkak dan mengeras. Kalau kita bawa ke dokter, mereka akan memberikan obat penghilang rasa sakit dan obat anti peradangan.Ulat Bulu1

Sebaliknya, bagi petani yang sudah berpengalaman, Sesongot Caterpillar tidak ditakuti. Sebab, jika terkena bulu Sesongot Caterpillar langsung diobati ditempat kejadian, tidak perlu ke dokter. Pastinya, ketika bulu Sesongot Caterpillar menyentuh kulit mereka, tidak terdengar tangisan apalagi rasa khawatir. Ada obatnya disana. Apa obatnya?

Ini obatnya. Langkah pertama, segera cari Sesongot yang terkena ke kulit kita. Kenali ulat bulu yang bernama Sesongot itu seperti gambar/ilustrasi dari tulisan ini. Biasanya, ulat bulu berbisa itu berada dibawah/diatas daun kopi, dicabang atau pada buah kopi.

Langkah kedua, setelah ditemukan dan diyakini bahwa bahwa ulat bulu itu adalah Sesongot, siapkan sehelai daun kopi. Langkah ketiga, dengan menggunakan daun kopi, jepit Sesongot tersebut sampai hancur.

Langkah keempat, oleskan isi perut Sesongot ke bagian kulit yang terkena bulu ulat berbisa tersebut.

Setelah isi perut Sesongot dioleskan ke bagian kulit yang terkena bulu ulat berbisa itu, coba rasakan reaksinya. Dalam hitungan detik, rasa sakitnya hilang alias sembuh total.

Cara pengobatan ini termasuk kearifan lokal. Bisa atau racun dari Sesongot Caterpillar dapat ditawari (diobati) dengan enzim dari tubuh ulat itu sendiri. Jadi, jika terkena atau bersentuhan dengan Sesongot Caterpillar tidak perlu khawatir apalagi menangis. Obatnya terdapat pada tubuh ulat itu sendiri. Selamat memetik kopi.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Akhir Mali (3524-0102-0274-531 )

BSI - Akhir Mali (7181-0522-57)

OVO/DANA - Akhir Mali (0852-0000-0285)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah
© SESONGOT. All rights reserved. Developed by Saifullah.id